What Time is it Now???

Kamis, 09 Juli 2009

Petinggi Rio Tinto Australia Ditangkap di Shanghai


BRISBANE: Pemerintah Federal Canberra tengah berada di sengketa diplomatik yang alot dengan mitra dagang utamanya, China, terkait penangkapan petinggi perusahaan raksasa Rio Tinto di Kota Shanghai pada Minggu (5/7).

Seperti diberitakan di berbagai media lokal Australia, eksekutif Rio Tinto yang merupakan warga negara Australia itu bernama Stern Hu. Ia ditangkap oleh pemerintah China atas tuduhan mata-mata dan mencuri rahasia negara China.

Hu adalah general manager bijih besi Rio Tinto di China dan ia ditangkap bersama dengan tiga mitra kerjanya yang berkebangsaan China. Menurut pejabat konsulat Australia di China, pihak pemerintah Australia masih terus mengupayakan agar bisa mendapat akses terhadap Hu.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith mengatakan pihaknya telah diberitahu secara resmi oleh China tentang penangkapan tersebut pada Rabu (8/7) sore waktu setempat.

Hu disebut-sebut sebagai orang yang sudah lama bekerja untuk Rio Tinto dan ia ditahan oleh Kementerian Keamanan Negara China. Smith menegaskan, Canberra sangat bingung dengan tuduhan-tuduhan terhadap Hu.

"Karena kami bingung dengan alasan penangkapan ini, maka kami meminta informasi tambahan terkait penahanan Hu," ujarnya dalam wawancara dengan jaringan televisi ABC. (Ant/OL-01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar